Apa itu Overclock?

di era yang cukup modern ini, banyak sekali dari kita para pengguna pc sering mendengar kata Oveclock baik itu dari group builder pc, teman, ataupun social media. namun apakah kalian sudah tau Apa itu Overclock?


Apa itu Overclock?
yaps, Overclock adalah salah satu cara atau metode dimana kalian bisa mengatur kecepatan dan performa pada CPU dengan maksimal. namun tentu saja dengan cara sedikit "memaksa". memaksa disini adalah dimana kalian harus melewati batas wajar CPU kalian untuk bekerja lebih maksimal lagi dengan pengaturan Multiplier pada BIOS secara Maksimal agar bekerja lebih cepat perdetiknya.

Hal ini jelas akan membuat kinerja atau performa dari CPU kalian menjadi lebih cepat dan juga maksimal. namun jika kalian melakukan Overcloking, tentu akan ada satu komponen yang menjadi lebih panas karena harus dipaksa bekerja lebih cepat. dan tentu saja harus diimbangi dengan pendigin atau Cooler yang tepat juga untuk menghindari kerusakan pada komponen CPU kalian.

Komponen apa saja yang bisa di Overclock?
untuk Overclock sendiri untuk saat ini masih bisa kalian gunakan untuk Komponen Processor pada CPU kalian. semisal kecepatan standar CPU kalian adalah 3.7gHz, dan kalian bisa melakukan Overclocking hingga mencapai kecepatan 4.4gHz.

Bagian atau Komponen yang mempengaruhi tahap Overclocking.

jika kalian ingin melakukan Overlocking pada CPU, kalian juga harus memperhatikan beberapa hal agar tidak memicu kegagalan pada saat melakukan Overclock diantaranya :
  1. Memory atau RAM
    bagian ini merupakan salah satu penunjang dari metode Overclock. dimana kalian harus mengimbangi antara Kapasitas RAM dan juga kecepatan Processor.
  2. Heatsink
    Hetasink adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk menyebarkan panas keseluruh komponen dan juga sering disebut sebagai penyerap panas pada CPU. jelas di point pertama tadi sudah dijelaskan bila akan ada satu komponen yang akan lebih panas karena dipaksa kinerjanya bekerja lebih cepat lagi. Jadi usahakan kalian menggunakan tidak menggunakan Heatsink standart. gunakan heatsink yang memiliki daya hisap panas pada CPU lebih kuat lagi. 
  3. PSU (Power Supply)
    ketikan kalian melakukan Overclocking, tentu akan memakan daya yang banyak untuk membuat seluruh komponen menjadi lebih stabil. jadi gunakanlah PSU atau Power Supply yang lebih besar dayanya agar seluruh komponen berjalan dengan semestinya setelah Overclocking.
  4. Mainboard
    pastikan juga Mainboard atau Motherboard kalian memang sudah di desain untuk melakukan metode Overclocking. dan tidak semua motherboard bisa mendukung metode Overclocking ini.

Bagaimana cara melakukan Overclock?
tentunya kalian harus memperhatikan banyak point diatas sebelum melakukan Overclocking. jika tidak, justru akan ada kegagalan yang tak diinginkan, dan malah akan merusak komponen CPU kalian nantinya. dan yang harus kalian lakukan sebelum melakukan overclock adalah

  1. Pastikan kalian sudah memiliki Sistem pendingin yang maksimal
    gunakanlah pendingin atau fan yang memang sudah di Upgrade dari CPU bawaan kalian. bisa dengan membeli Fan CPU baru yang memang memiliki daya hisap panas yang cukup kuat, sehingga komponen komponen didalamnya bisa tetap stabil.
  2. Pastikan kalian memasang Water Cooling System
    Komponen yang telah di Overclock tentu saja akan menjadi lebih panas dari biasa, jadi kalian butuh sebuah Water Cooling System sebagai pendingin bagian yang panasnya berlebihan agar tetap stabil dalam menjalankan prosessnya seperti biasa.

Kesimpulan.
Overclock bisa kalian lakukan dengan aman dan tanpa kegagalan bila kalian memperhatikan dan mempersiapkan peralatan yang ada di beberapa point tadi. karena jika Komponen yang sudah di Overclock akan memiliki panas yang berlebih, dan jika kalian tidak memiliki pendingin yang cocok, CPU kalian bisa mengalami kerusakan dan yang lebih parahnya lagi ialah meledak.

Artikel Terkait

Apa itu Overclock?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan menggunakan Bahasa yang baik. Dan berikan Kritik dan Saran yang membangun